Home » , » Cara Mengatur Waktu untuk Menulis

Cara Mengatur Waktu untuk Menulis

Written By Unknown on Jumat, 09 November 2012 | 18.52

Mengatur Waktu untuk Menulis
Menulis merupakan kegiatan rutin seorang blogger. Namun seringkali kita tidak bisa menemukan waktu yang tepat untuk menulis dikarenakan kesibukan dan hal-hal lainnya.

Tapi jangan selalu salahkan kesibukan, justru disaat ada banyak waktu luang, kita justru menyia-nyiakannya, dan pada akhirnya kita kehilangan waktu menulis kita yang berharga.

Nah, dipostingan ini saya ingin membagikan bagaimana Cara Mengatur Waktu untuk Menulis, Mungkin dengan membaca artikel ini, sobat semua bisa lebih bijaksana mengatur waktu.




1. Kurangi Aktifitas di Social Media:

Melihat aktifitas teman dan promosi blog di Social Media seperti Facebook, Twitter, dll memang sangat menyenangkan, namun tanpa sadar kita sudah menyia-nyiakan banyak waktu.

Jadi, ada baiknya menggunakan alat penjadwalan seperti Buffer atau Hootsuite untuk mengirimkan update ke Facebook, Twitter, LinkedIn,  dll.

2. Bangun Lebih Pagi:

Jika sobat memiliki banyak kegiatan hingga larut malam, menulis di pagi hari mungkin bisa menjadi alternatif bagi sobat semua.

Namun jika sobat hanya memiliki sedikit waktu di-pagi hari, persiapkanlah apa yang akan sobat bawa di pagi hari seperti buku pelajaran, perlengkapan kantor, seragam sekolah/kerja, dan lainnya di malam sebelumnya. Jadi, sobat bisa memiliki waktu lebih di pagi hari untuk sekedar membuat draft dan mempublikasikannya di lain waktu

3. Kurangi Menonton TV:

Menonton TV seringkali membuat kita kehilangan banyak waktu luang, Jadi pertimbangkanlah mana acara TV yang benar-benar perlu ditonton atau tidak. 

Sebaiknya, tontonlah acara TV yang memang harus ditonton seperti berita dan komedi. Jika ada film baru, sebaiknya tidak usah saja ditonton, lebih baik download saja sehingga kita bisa menontonnya tanpa iklan.

4. Kurangi Main Game:

Sebagai seorang gamers, tentu saja ada keinginan untuk terus bermain. Bermain game memang baik, namun jika tidak dijadwal tentu saja akan menghabiskan waktu luang kita untuk menulis artikel blog. Jadi, aturlah waktu bermain game agar tidak terlalu banyak mengambil waktu kita.

5. Buatlah Jadwal Khusus untuk Menulis:

Buatlah jadwal khusus untuk menulis minimal 30 menit per hari. Berhentilah sementara untuk membuka social media, menonton TV, ataupun bermain game. Matikanlah juga HP untuk sementara agar kita bisa tenang dan fokus saat menulis.

Nah, demikianlah Cara Mengatur Waktu untuk Menulis, semoga sobat semua bisa lebih bijaksana dalam mengatur waktu menulis sehingga teman-teman semua bisa mendapat hasil yang maksimal.

Jika punya trik lain, silahkan share di kotak komentar ya :)
Share this article :

2 komentar:

- Jika tidak Punya Blog Bisa Gunakan Pilihan "Anonim"
- Jika Berkomentar Pakailah Bahasa yang Sopan
- No SARA
- Dilarang Spam, Junk, dan Sejenisnya
- Dilarang Menautkan Link Langsung
- Berkomentarlah Sesuai Isi Postingan / Artikel
- Maaf Jika Komentar Belum Dibalas karena Saya tidak Online 24-jam :)
- Komentar Akan Muncul Bila Sudah Mendapat persetujuan dari Saya :D

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Insight Cyber' - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger