Home » , » 5 Tips Membuat Artikel Blog Berkualitas

5 Tips Membuat Artikel Blog Berkualitas

Written By Unknown on Selasa, 06 November 2012 | 21.13

Sebagai seorang blogger kita sering mendapat inspirasi untuk menulis, dan kita pasti ingin segera mempublikasikannya.

Tapi tunggu dulu, Artikel Blog Berkualitas akan di-dapat setelah kita merevisi kembali artikel kita.


Jadi, sebelum mempublikasikan artikel, ada baiknya kita simak dulu tips-tips yang akan saya bagikan agar kita semua bisa membuat artikel yang baik dan berkualitas.


Berikut Tips Membuat Artikel Blog Berkualitas:


1. Istirahat Sejenak:


Setelah membuat Artikel, ada baiknya kita ber-istirahat sejenak agar pikiran kita fresh saat kita memeriksa kembali artikel blog. Ada baiknya kita "menjauh" sejenak dari komputer kita dan melakukan aktifitas lain seperti mandi, jalan-jalan, atau bermain sejenak bersama teman-teman.


Atau jika tidak sempat untuk "menjauh" dari komputer, kita bisa melakukan aktifitas lain di komputer seperti bermain game, mengunjungi social media seperti facebook atau twitter, atau mengecek e-mail yang masuk. Setidaknya, habiskanlah waktu 20 menit untuk melakukan aktifitas lain selain menulis.


2. Periksa eja-an yang salah:


Setiap kita membuat artikel, kadang-kadang kita langsung mem-publikasikannya tanpa melihat dulu apakah ada eja-an yang salah. Kebanyakan blogger membiarkan kesalahan pada eja-an. Namun perlu diketahui, kalau kesalahan eja-an bisa membuat pengunjung anda tidak nyaman dan lama-lama blog anda akan ditinggalkan. Kesalahan eja-an juga menyebabkan berkurangnya kualitas artikel blog.

Jadi, eja-lah artikel blog dengan benar sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

3. Hindari kata-kata yang tidak perlu:


Hindarilah kata-kata seperti "menurut pendapat saya" dan kata-kata lainnya yang hanya akan menambah bosan pengunjung. Jika bermaksud mengatakan sesuatu, katakan saja secara langsung.


Sebaiknya, gunakan juga kata-kata yang lebih singkat, seperti "lari" untuk menggantikan kata "berjalan cepat". Pembaca lebih senang membaca artikel yang jelas namun cepat.


4. Periksa Alur Postingan:


Sebelum mem-publikasikan artikel, sebaiknya baca dulu seluruhnya. ada baiknya ajukan pertanyaan seperti ini: Apakah artikel terlalu cepat atau lama untuk dibaca? Apakah alurnya berantakan? Apakah ada bagian yang kurang? Apakah ada yang keliatan aneh???


Jika kedengarannya aneh bagi kita, itu akan terdengar sepuluh kali lebih aneh untuk pembaca.


5. Tanyakan pada orang terdekat:


Ini memang terdengar aneh, tapi ini mungkin bisa sangat membantu meningkatkan kualitas artikel blog. Kita bisa meminta pada orang tua, teman, sahabat, atau sesama blogger untuk membaca seluruh artikel kita dan bertanya bagian mana yang harus diperbaiki. Kalau bisa, carilah orang yang pintar menyusun kata-kata untuk membantu memeriksa dan memperbaiki artikel kita.


Nah, itulah beberapa Tips Membuat Artikel Blog Berkualitas, mungkin ini akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga, namun tanamkanlah ini pada pikiran kita semua: Waktu adalah emas. Tapi menghabiskan waktu ekstra untuk menulis dan mengedit artikel dapat membuat kita mendapat lebih banyak visitor, pagerank, atau apapun yang kita inginkan di dunia blogging :)


Share this article :

3 komentar:

  1. wah, tambah gaul aja dan blognya semakin menarik lagi... ^_^

    #comment back ya hihiihihih :)

    BalasHapus
  2. hehehe, makasih udah berkunjung :)
    #langsung menuju tkp :)

    BalasHapus

- Jika tidak Punya Blog Bisa Gunakan Pilihan "Anonim"
- Jika Berkomentar Pakailah Bahasa yang Sopan
- No SARA
- Dilarang Spam, Junk, dan Sejenisnya
- Dilarang Menautkan Link Langsung
- Berkomentarlah Sesuai Isi Postingan / Artikel
- Maaf Jika Komentar Belum Dibalas karena Saya tidak Online 24-jam :)
- Komentar Akan Muncul Bila Sudah Mendapat persetujuan dari Saya :D

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Insight Cyber' - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger